vps murah
PASANG IKLANTerima Review & Pasang Iklan Di Dedy Akas Website

Komputer Tidak Bisa Baca Flashdisk Coba Cek Power Supply

Dedy Akas Website – Komputer Tidak Bisa Baca Flashdisk Ini Solusi Lainnya. Gara-gara power supply kipasnya mati (tidak mutar), alhasil suhu di power supply menjadi sangat panas, hingga akhirnya komputer restart sendiri (otomasis) tanpa disuruh, melihat kendala ini akhirnya terpaksa bongkar power supply, dengan pakai cara tradisional yaitu hanya pakai minyak goreng biasa, dengan cara diteteskan sedikit demi sedikit memakai sedotan bekas minuman mineral kemasan gelas. Akhirnya kipas-pun berjalan normal dan suhu dari power supply sesuai dengan panas yang standard (kembali adem).

Masalah kipas power supply sudah normal kembali, namun setelah komputer di hidupkan, masalah lain-pun muncul, yaitu komputer tidak bisa menjadi yang diingikan seperti sebelumnya, yaitu komputer tidak bisa baca flashdisk, lalu saya ceck lagi settingan pada bios, tidak ada berubah semua normal dan settinggan sesuai dengan standard default.

Pada saat booting bios terdapat tulisan “Unknown Type Flash”, dimana yang sebelumnya adalah “Verifying DMI pool data…………… update success”. Loh kenapa jadi begini? Apa yang sebenarnya terjadi?

LANGKAH-LANGKAH YANG SUDAH SAYA LAKUKAN UNTUK MENCARI PERMASALAHAN KOMPUTER TIDAK BISA BACA FLASHDISK ADALAH : 

  1. Setting Bios

Namun hasilnya masih sama, komputer tidak bisa membaca flashdisk baik yang di depan maupun yang dibalakang. Padahal sebelumnya normal.

  1. Ganti battery CMOS

Hasilnya sama saja yaitu komputer tidak bisa membaca flashdisk, tidak ada perubahan yang diinginkan, padahal lagi butuh banget data yang ada di flashdisk.

  1. Reset Bios

Caranya matikan komputer, cabut kabel power listrik pada power supply, lalu cabut battery CMOS atau pindahkan jumper reset bios, lalu tekan tombol power. Biasanya masih ada sedikit aliran listrik, yaitu terlihat kipas sempat mutar walaupun sebentar. Setelah pasang kembali battery CMOS atau pindah jumper reset bios, ke posisi semula. Setelah itu pasang kembali kabel power listrik ke power supply, komputer-pun kembali hidup dan settingan bios berubah, terutama bagian tanggalnya. Tekan F1 untuk melanjutkan booting bios dan booting windows. Tadinya saya pikir berhasil, eh ternyata tetap saja komputer tidak bisa membaca flashdisk, semua lubang usb saya tancap sana-sini, dari mulai depan dengan 4 port dan belakang 4 port, namun tetap saja hasilnya nihil.

  1. Update Bios

Kecurigaan kembali pada update bios, yaitu dengan munculnya tulisan “Unknowing type flash”, mencoba browsing, tentang permasalahan ini, kebanyak untuk mengharuskan update bios, namun ada pahitnya juga ternyata, caranya yang cukup sulit dan kendala lainnya bisa membuat motherboard matot (mati total) alias gagal update bios. Untuk hal yang ini, karena belum pernah melakukannya, jadi geleng-geleng kepala, akhirnya mengurungkan niat untuk update bios dan masih coba terus mencari solusi lainnya tentang kenapa komputer tidak bisa baca flashdisk.

  1. Terkena Virus

Beberapa antivirus, sudah di coba satu persatu dengan begitu sabar, karena proses scan-nya yang begitu lama karena prosesnya yang memakan waktu tidak sedikit. Namun ternyata kesabaran yang sudah diakumulasikan masih saja tidak berbuah manis. Karena masih terjadi komputer tidak bisa baca flashdisk.

  1. Install Ulang Windows

Untuk hal yang ini sudah biasa bagi saya, setelah proses install windows selesai kemudian install driver-driver yang diperlukan bahkan driver ini adalah bawaan dari motherboard-nya, namun yang terjadi ternyata meleset lagi yaitu komputer tidak bisa baca flashdisk. Lalu apa dong permasalahannya?

Baca Juga : Cara Install Windows 7

  1. Power Supply ( PSU – Power Supply Unit )

Putar otak dan flashback ke permasalahan yang terjadi pada alinea pertama, yaitu power supply yang panas dikarenakan kipas-nya mati dan mengambil asumsi lainnya. Namun saya berpikir lagi, loh kipasnya-kan sudah berputar dengan normal dan suhu power supply juga normal, kenapa yang tadinya komputer dapat bekerja dengan baik, bisa membaca modem, flashdisk dan beberapa perangkat USB lainnya seperti Mouse dan keyboard juga kabel data handphone, namun sekarang semua port USB tidak bisa dibaca oleh komputer.

Hanya gara-gara power supply kepanasan, dampaknya bisa mematikan fungsi USB. Bagaimana mungkin demikian bisa menjadi komputer tidak bisa baca flashdisk. Sangat aneh!!!.

Sudah bertahun-tahun di komputer, namun baru kali nemu penyakit komputer yang sangat aneh, walaupun beberapa artikel komputer, untuk menyarankan update bios.

Akhirnya asumsi-pun muncul di benak saya, coba ganti Power Supply ( PSU – Power Supply Unit ), akhirnya diwaktu libur kerja, saya-pun membaca komputer saya ke tempat service kenalan saya yaitu “Cipta Computer” dimana toko service ini dahulu pernah menjadi rekanan partner saya untuk service komputer dan membeli hardware lainnya. Setelah sampai disana, di cek ini-itu, hasilnya juga nihil, untuk sementara motherboard saya di bilang rusak atau harus ganti motherboard. Di dalam hatinya mengatakan “ohh… no…”. Belakangan ini sudah jarang berkecimpung di dunia serive komputer, Saya-pun sudah lupa berapa harga pasaran dari motherboard yang sesuai untuk processor yang saya miliki.

Lalu saya-pun menanyakan harganya dan ternyata tidak sesuai dengan isi di dompet saya, hehehe… 😀

Setelah 2 jam tidak ada hasil yang diingikan, solusi lainnya adalah, saya mencoba untuk menyarankan “coba ganti power supply-nya”. Setelah kabel power supply ditancap ke motherboard dan memasang kabel power listrik ke power supply lalu melihat bootingnya adalah “Verifying DMI pool data…………… update success” dan TARAAAA…. Berhasil!!!… Akhirnya motherboard bisa membaca flashdisk dan beberapa perangkat USB lainnya. Alhamdulillah yang tadinya komputer tidak bisa baca flashdisk coba cek power supply-nya ternyata membuahkan hasil yang diingikan. Akhirnya biaya yang dikeluarkan-pun cuma sedikit.

Hilanglah semua permasalahan tentang komputer tidak bisa baca flashdisk, akhirnya sekarang sudah berjalan normal seperti biasanya.

Komputer Tidak Bisa Baca Flashdisk Coba Cek Power Supply - Dedy Akas Website
Komputer Tidak Bisa Baca Flashdisk Coba Cek Power Supply – Dedy Akas Website

Beberapa saat, saya dan owner dari Cipta Computer, sempat merasa bingung, karena baru kali ini adalah penyakit komputer yang sangat aneh dan menjadi pengalaman pertama dan menambah pengalaman baru.

Nah… bagi para Sahabat yang mengalami masalah serupa yaitu komputer tidak bisa baca flashdisk bisa mencoba untuk cek power supply dan diganti dengan yang baru. Semoga bisa berhasil juga.

Pesan dari Dedy Akas Website :

“Mesti diingat, setiap permasalahan pasti bisa diatasi, hanya dengan keuletan dan kesabaranlah yang akan membuahkan hasil yang diinginkan”

Demikianlah artikel tentang : Komputer Tidak Bisa Baca Flashdisk Coba Cek Power Supply, semoga setiap permasalahan bisa diatasi dengan mudah.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *