Home / Artikel / Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah. Kipas angin merupakan alat elektronik yang menghasilkan tiupan angin, secara umum disebut dengan kipas angin, padahal cara kerjanya adalah tidak dikipas, melainkan melalui baling-balingnya yang berputar sehingga mengeluarkan/menghasilkan angin.

 

Faktanya kipas angin masih merupakan alat elektronik sejuta umat, dimana setiap rumah akan didapati kipas angin, selain pemakaiannya yang simple, juga perawatan begitu sangat mudah, hingga harganya yang relative terjangkau.

 

Cara memperbaiki kipas angin dengan mudah kali ini adalah dengan mengganti seperangkat dinamo kipas angin yang dapat dibeli pada pasar elektronik atau di toko-toko online. Sedangkan untuk rate harganya berkisar dari Rp. 55.000 – Rp. 175.000, ini untuk semua jenis kipas berdiri dengan maksimal sebesar 16 Inch.

Bagi yang suka beli secara online sepertinya tidak terlalu jadi masalah, selama foto di toko online dan dengan bentuk yang aslinya mirip (hampir sama), maka sudah dipastikan dinamo tersebut bisa dipasang.

 

Untuk membeli barang ini jika dirasa kurang yakin, bisa membawa langsung dinamo kipas angin dan kemudian diganti yang sesuai dengan ukurannya, atau paling tidak masih agak mirip.

Note:

Hati-hati jangan sampai salah beli, apalagi salah ukuran… (karena itu terjadi maka, kemungkinan besar tidak bisa dipasang, atau rumah/casing penutup dinamo tidak bisa dipasang kembali).

 

Sedangkan untuk pemasangannya ulangnya cukup mudah, yaitu dengan hanya menyambungkan kabel-kabel dengan warna yang sesuai.

Umumnya warna kabel tersebut adalah:

  1. Hitam: (Ground)
  2. Biru: (Speed 1)
  3. Putih: (Speed 2)
  4. Merah: (Speed 3)

 

Biasanya dinamo secara online yang dijual memiliki Deskripsi, yaitu seperti:

  1. Dinamo kipas angin untuk segala jenis merek
  2. Dijamin rumahnya sama di kipas angin anda
  3. Langsung pasang tidak perlu ganti kapasitor, dan gearbox.
  4. Cocok untuk berbagai jenis kipas angin ukuran 16″ dan 12″, yaitu: Cosmos, Miyako, Yongma, GMC, Trisonik, dan lain-lain.

 

Berikut penampakan dinamo kipas angin:

Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah
Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

 


Kabel tersebut akan menyambung kepada tombol power ON/OFF, lalu kabel yang lainnya merupakan tingkat kecepatan (dari mulai rendah/speed 1, sedang/ speed 2, kencang speed 3).

 

Peralatan yang diperlukan hanya: Obeng plus, tang potong dan isolasi (jika dinamo barunya sudah siap, diasumsikan bongkar-pasangnya hanya memerlukan waktu 10-20 menitan).

 

Cara memperbaiki kipas angin dengan dengan langsung mengganti dinamo, merupakan cara tercepat atau tanpa ambil pusing tanpa mengganti ini-itu, sehingga masalah akan cepat terselesaikan. Karena faktanya bongkar dan pasang relative lebih cepat, dari pada mencari penyakitnya dengan mendoktrin ini-itu, namun akhirnya tidak ketemu juga.

 

So…

Mau pakai cara memperbaiki kipas angin dengan mudah, seperti itulah caranya… 😀

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Penting! 5 Kegunaan Kartu Kredit yang Perlu Kamu Ketahui

Penting! 5 Kegunaan Kartu Kredit yang Perlu Kamu Ketahui

Zaman sekarang apa-apa sudah semakin canggih. Teknologi yang kian waktu kian maju membuat segalanya terasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *