vps murah
PASANG IKLANTerima Review & Pasang Iklan Di Dedy Akas Website

Windows 7

Hallo para sahabat DedyAkas.com, apa kabarnya nih, mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat selalu ya… Pada kesempatan ini DedyAkas.com akan ingin membantu para pengunjung setia untuk memperbaiki komputer atau laptop dengan kerusakannya pada OS (Operating System).

Artikel kali ini berjudul : Cara Install Windos 7, panduan, tips and tricks kali ini akan membahas secara komplit sampai finish tentang panduan cara install OS (Operating System) Windows 7 Prosfessional pada komputer atau laptop.

Artikel ini dibuat karena dirasakan masih banyak manfaatnya bagi para pengguna komputer dan laptop. Berikut adalah beberapa manfaat setelah membaca artikel ini bagi para sahabat DedyAkas.com :

  1. Bisa dijadikan sebagai referensi bagi pengguna komputer atau laptop ketika mengalami error pada windows.
  2. Bisa dijadikan panduan yang lengkap sampai finish ketika ingin mencoba install Windows 7.
  3. Bisa mengetahui cara-caranya dengan langkah-langkah yang sangat mudah dipahami.
  4. Bisa mengikuti langkah-langkahnya, jika ingin mengganti windows lama dengan windows yang baru.
  5. Bisa sebagai rujukan ketika, Komputer dan Laptop yang dibeli belum ada windowsnya.

Dedy Akas Website Cara Install Windows 7

Pada artikel kali sangat direkomendasikan untuk menggunakan Windows 7 Professional, untuk Windows 7 Professional memiliki 2 (dua) versi yaitu 32 bit dan 64 bit. Oleh karena itu, pilihlah salah satu dari versi-nya sesuai dengan kebutuhan komputer atau laptop.

Dibawah ini adalah beberapa referensi untuk Windows 7 Professional 32 bit, dengan spesifikasi komputer atau laptop sebagai berikut :

  1. Pentium IV
  2. HDD 80GB
  3. RAM 1GB
  4. DVD ROM

Catatan : Untuk spesifikasi yang sudah ditulis diatas adalah jika semua hardware masih dalam keadan sehat, maka ketika ingin install Windows 7 tidak terjadi kendala lagi dan dipastikan semua akan lancar-lancar saja. Untuk recommended-nya adalah dengan memiliki komputer atau laptop spesifikasi yang lebih tinggi itu lebih bagus, karena akan terasa loading yang lebih cepat dan bisa digunakan untuk pemakaian dengan jangka waktu yang lama.

Sedangkan berikutnya adalah beberapa referensi untuk Windows 7 Professional 64 bit, dengan spesifikasi komputer atau laptop sebagai berikut :

  1. Pentium Quad Core
  2. HDD 160GB
  3. RAM 2GB
  4. DVD ROM

Catatan : Untuk spesifikasi versi 64 bit ini, memang dibutuhkan beberapa spesifikasi yang lebih tinggi dari versi 32 bit, ini dikarenakan jika dipaksakan pada spesifikasi 32 bit, sudah dipastikan komputer atau laptop akan menjadi lambat untuk segala proses loadingnya. Bahkan masih banyak para pengguna komputer atau laptop dengan memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari referensi diatas, masih menggunakan versi 32 bit. Ini diasumsikan agar ketika pemakaiannya menjadi nyaman dan tidak terjadi kendala para setiap proses loading. Namun jika pengguna komputer atau laptop spesifikasinya sudah melebihi dari referensi diatas, dibolehkan untuk install Windows 8.

Dengan melihat referensi diatas, DedyAkas.com ingin memastikan pengguna komputer atau laptop tidak bingung lagi untuk memilih versi bit dari keluaran Windows 7 Prosfessional.

Nah, jika sudah siap semuanya, berikut adalah referensi, panduan, cara Install Window 7 :

  1. Langkah yang pertama adalah setelah menghidupkan komputer atau laptop, masuklah ke Bios untuk setting First Boot (deteksi awal). Dilanjutkan dengan menekan tombol Del atau F2 (cara ini berlaku secara umum pada komputer atau laptop, jadi mungkin saja terjadi perbedaan untuk masuk booting). Setelah masuk Bios aturlah pada tab BOOT untuk CD/DVD sebagai First Boot (deteksi awal), kemudian masukkan DVD Installer Windows 7. Setelah itu cari tab “Exit” pilih tombol “Save Change and Exit” (pada umumnya berada dikanan paling ujung) lalu enter dan pilih tombol “Yes”. Sekali lagi DedyAkas.com mengingatkan, dalam tampilan menu Bios bisa berbeda di setiap Komputer atau Laptop seperti pada product dari Lenovo “ketika komputer/laptop dihidupkan langsung tekan F12, kemudian akan ada tampilan opsi pilihan untuk booting. Pilihlah booting dengan DVDRW, lalu tekan enter maka secara otomatis ketika booting awal akan mendeteksi dari DVDRW. Atau pada tampilan lainnya, dengan menjadikan CD/DVD menjadi boot yang pertama. Lalu pilih tab “Exit”, dan pada menu pilih “Exit Saving Changes” Kemudian “Yes”, dan Komputer atau Laptop akan menjalankan proses Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Installer Windows 7 ke Drive DVD, sebelum restart. (dari restart sampai kepada langkah kedua, estimasi waktunya hanya beberapa detik saja).
  2. Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah “Press any key to boot from CD or DVD…“, segera tekan Enter, spasi atau pada sembarang tombol keyboard.
  3. Dan berikutnya akan tampil “Windows is loading files…” yaitu proses pemuatan file. Sampai pada tahap ini estimasi waktunya berbeda-beda pada setiap komputer atau laptop semuanya tergantung dari spesifikasi komputer atau laptop, semakin tinggi spesifikasi komputer atau laptop, maka proses “loading files” ini bisa diperkirakan dengan estimasi waktunya kurang dari 3 (lima) menit.
  4. Berikutnya akan tampil menu pengisian “Bahasa”, “Format Waktu”, dan “Metode Keyboard”. Sampai pada tahap ini, tidak perlu ada yang dirubah, langsung pilih
  5. Selanjutnya klik pada menu “Install Now”.
  6. Berikutnya akan tampil menu pilihan persetujuan dari Windows 7, centang menu “I accept the license terms”, lalu klik Next.
  7. Untuk tampilan berikutnya klik menu “Custom (advanced)”. Agar pengguna bisa mengerti perbedaan antara “Upgrade” dan “Custom(Advanced)” pada proses Instalasi Windows 7, berikut dibawah ini diberikan pengertiannya :
    1. Upgrade” : Jika memilih opsi ini, maka artinya Windows 7 yang sedang di-install ini akan menggantikan versi lama yang sebelumnya telah terinstall di komputer atau laptop. Disini pengguna tidak perlu khawatir, karena system akan tetap menjaga file-file, setting serta berbagai program yang masih ada di komputer atau laptop.
    2. Sedangkan pada opsi “Custom (Advanced)” hampir sama dengan opsi Upgrade. Bedanya system tidak akan melindungi file-file serta program-program lainnya yang telah ada di komputer atau laptop sebelumnya (catatan : untuk opsi ini paling banyak dipakai, dikarenakan untuk menghindari penumpukan file-file dan menghindari error pada program-program lainnya, bahkan pada setiap setting lainnya dan Operating System akan terasa segar kembali, untuk proses loading yang lebih baik lagi).
  8. Tampilan berikutnya adalah penampakan dari isi harddisk, jika harddisk masih kosong, klik pada “Drive Options (advanced)” lalu klik “New”.
  9. Lalu ketiklah jumlah partisi yang diinginkan. Dan klik “Apply”. “Biasanya untuk harddisk keluaran dari komputer atau laptop sekarang memiliki kapasitas yang besar seperti 500 Gigabyte (500000 MB) atau 1 Terabyte (1000000 MB). Catatan jika ingin membagi dua partisi menjadi (C) dan (D), bisa melakukannya dengan cara dibawah ini:
    1. Untuk (C:) “Disk 0 Partition 2” dimasukkan angka 100 Gigabyte (100000 MB), ini dikhususkan OS-Operating System dan untuk file-file atau program-program tambahan.
    2. Dan sisanya (D:) “Disk 0 Partition 3” sebagai tempat penyimpanan data-data penting, sehingga ketika terjadi crash atau error pada Windows 7, data-data penting pengguna akan tetap aman.
  10. Berikutnya akan tampilan sebagai berikut
    1. Disk 0 Partition 1: System Reserved” (ini adalah systemnya harddisk, yang terbentuk secara otomatis setelah harddisk dipartisi).
    2. Sedangkan “Disk 0 Partition 2” (adalah “Local Disk (C:)” yang akan menjadi system dari program-program yang telah diinstall.
    3. Dan ada juga “Disk 0 Partition 3” (yang nantinya akan menjadi “Local Disk (D:)”, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data-data atau file-file penting).

(Catatan : jika pada partisi ini masih kosong, pengguna komputer atau laptop bisa langsung klik “Format”, sehingga pada nantinya ketika proses install Windows 7 selesai, “Local Disk (D:)” akan secara otomatis bisa dipakai untuk tempat menyimpan data-data atau file-file penting.)

  1. Langkah berikutnya adalah klik pada partisi “Disk 0 Partition 2” (yang nantinya akan dijadikan sebagai “Local Disk (C:)), dan selanjutnya klik “Next”, untuk masuk ke tahap Installasi Windows 7.
  2. Tampilan berikutnya akan terjadi proses “Installing Windows”. Pada proses ini akan terjadi proses pemuatan file-file windows yang berasal dari CD/DVD Installer Windows 7 yang akan terinstall ke harddisk “Local Disk (C:). Sampai pada tahap proses “Installing Windows” ini, diestimasikan durasinya kurang lebih 10-30 menit, tergantung pada kecepatan Komputer atau Laptop yang dimiliki.
  3. Ketika sudah sampai pada tahap “Completing Installation”, Komputer atau Laptop akan restart sendiri secara otomatis, ini menandakan bahwa proses “Installing Windows” telah berhasil.
  4. Setelah komputer atau laptop menyala kembali, akan tampil perintah yang sama pada saat diawal mulainya proses install, yaitu “Press any key to boot from CD or DVD“, ketika muncul tulisan tersebut, jangan tekan tombol apapun, abaikan dan biarkan saja, sampai menuju ke proses loading berikutnya.
  5. Selanjutnya akan tampil tulisan “Setup is preparing your computer for first use”, silahkan tunggu beberapa saat. (Untuk estimasi waktunya hanya beberapa detik saja).
  6. Untuk tampilan berikutnya adalah menu pengisian nama pengguna, ketiklah nama pengguna atau perusahaan pada kolom “Type a user name” kemudian klik “Next”.
  7. Untuk kolom password boleh diisi atau dikosongkan dan pilih Next.
  8. Pada “PRODUCT KEY” jika sudah memilikinya bisa langsung diisi, atau biarkan kosong, untuk “Automatically active Windows when I’m online” tidak usah di centang. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  9. Berikutnya adalah klik menu“Ask me later”.
  10. Untuk tampilkan berikutnya adalah pengaturan waktu setempat. Aturlah waktu dan Time zone pilihlah “(UTC+7:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta” (ini diperuntukkan jika pengguna berada di negara Indonesia dan tinggal di kota Jakarta. Jika sudah klik “Next”.
  11. Tampilan selanjutnya adalah “Preparing your desktop”. Sampai pada tahap ini, windows akan mempersiapkan tampilannya pada desktop di komputer atau laptop.
  12. Ketika proses loading “Preparing your desktop” sudah selesai, ini menandakan bahwa install windows 7 pada komputer atau laptop telah berhasil.
  13. Langkah berikutnya adalah melengkapi dari fitur-fitur komputer atau laptop seperti driver dan beberapa penambahan program-program yang dibutuhkan, langkah ini dimaksudkan agar komputer atau laptop bisa digunakan secara 100%.

Dengan telah membaca dari referensi, panduan, cara Install Window 7 diatas, memang sengaja dibuat secara detail. Agar diharapkan para sahabat DedyAkas.com benar-benar bisa mengerti dan memahami maksud dan tujuan dari referensi, panduan, cara Install Window 7 diatas.

Namun jika ingin membaca cara Install Window 7 yang lebih singkat, pengunjung bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Tekan tombol Del atau F2.
  2. Setelah masuk Bios aturlah BOOT untuk CD/DVD sebagai First Boot
  3. Masukkan DVD Installer Windows 7.
  4. Setelah itu pilih tab “Exit”, lalu pilih “Save Change and Exit” kemudian pilih “Yes”.
  5. Kemudian pada “Press any key to boot from CD or DVD…” tekan Enter
  6. Berikutnya akan tampil “Windows is loading files…
  7. Pada menu pengisian “Bahasa”, “Format Waktu”, dan “Metode Keyboard”. tidak perlu ada yang dirubah, langsung pilih
  8. Dilanjutkan dengan klik “Install Now”.
  9. Centang menu “I accept the license terms”, lalu klik Next.
  10. Klik menu “Custom (advanced)”.
  11. Klik menu “Disk 0 Partition 2
  12. Berikutnya “Installing Windows”.
  13. Tampilan berikutnya “Setup is preparing your computer for first use
  14. Isilah nama pada “Type a user name” kemudian klik “Next”.
  15. Berikutnya adalah klik menu“Ask me later”.
  16. Aturlah waktu “(UTC+7:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta” dan klik “Next”.
  17. Akan tampil “Preparing your desktop”.
  18. Yang terakhir adalah proses loading “Preparing your desktop

Dan akhirnya install Windows 7 telah selesai.

Selamat mencoba!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *