Home > Artikel > Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide

Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide

Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide. Hal ini seringkali terjadi ketika merasakan sudah mengeluarkan semua ide, sehingga secara perlahan-lahan ide-ide menulis mulai artikel habis. Walaupun jumlah artikel belum seberapa namun ternyata saya sendiri sudah merasakan hal demikian. Oleh karena saya mencoba untuk share tentang tips menulis artikel dikala tidak ada ide. Tips ini sendiri sebenarnya saya dapatkan ketika sedang berkesempatan mengobrol dengan seseorang penulis artikel di salah satu situs media berita online.

Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide - Dedy Akas Website
Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide – Dedy Akas Website

BEBERAPA TIPS MENULIS ARTIKEL DIKALA TIDAK ADA IDE

  1. Ketika pikiran terasa buntu dan tidak tahu akan menulis artikel tentang apa. Maka beranjaklah dari kursi Anda, lalu berjalanlah keluar rumah, hirup udara segara di luar, lalu menghadap langit kurang lebih 5-10 menit sambil relaksasi. Kalau pikiran tidak terlalu kusut biasanya dalam rentang ini sudah bisa mendapatkan ide atau judul untuk menulis artikel.
  2. Keluar rumah dan berkendara entah pakai mobil, motor atau sepeda kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Namun hal ini lebih tergantung pada suasana di jalanan, entah itu macet atau lancar. Namun kalau daya hayalnya tinggi, bayangkan saja kalau Sahabat sedang berkendara di hamparan perbukitan yang sangat luas atau pegunungan dengan hawa yang sangat sejuk. Dan sangat beruntung sekali jika hal demikian bukan hanya hayalan belaka. Rileks-kan pikiran anda, ambil ide yang muncul dan segera catat untuk dijadikan judul atau deskripsi dari artikel yang nantinya akan dibuat.
  3. Keluar rumah berjalan kaki, sejauh 300 meter, lalu balik lagi pulang kerumah, biasanya hal ini juga bisa mendapatkan ide menulis artikel dengan cepat. Namun saya sarankan jangan terlalu malam atau bahkan dinihari, karena takutnya tetangga menghasilkan fikiran yang negative. Hehe… 😀

Sangat beruntung sekali jika Sahabat memiliki lingkungan yang asri seperti pegunungan dan ditambahkan dengan adanya air terjun. Kalau bisa jadi “jumper” (berkhayal) dari hingar-bingar menuju kekeheningan. Maka akan banyak ide-ide menulis yang akan tercipta sehingga blog atau website Sahabat selalu bisa berkembang.

Ketika sudah mendapatkan imaginasi atau ide, maka segeralah buat judul, dari judul tersebut dipecah menjadi beberapa bagian alinea, paragraph atau nomor-nomor seperti point-point. Bahkan bisa juga dipecah menjadi beberapa bagian relevan atau hal yang menarik lainnya. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat atau membangun kerangka, dahulu waktu belajar di sekolah sering disebut sebagai “Kerangka Pemikiran“ lalu di jabarkan panjang lebar.

Buatlah menjadi 300 – 500 kata, tergantung dari dapatnya saja, atau jangan terlalu dipaksakan menulis artikel yang lebih panjang, karena biasanya akan keluar dari jalur judul yang sudah dibuat.

Baca Juga : Sulitnya Menulis Artikel Jika Tidak Ada Ide

Demikianlah artikel tentang : Beberapa Tips Menulis Artikel Dikala Tidak Ada Ide, semoga semakin banyak ide-ide untuk menulis artikel.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

12 comments

  1. Fauzi ridwan

    Wahahah… yang di gambar juga bikin segar otak sama semangat nulis artikel mas dedy,… hehehe
    Semoga dapet pencerahan dikala bebel ya pak..

    • Hallo Mas Fauzi…
      Iya bikin segar bugar ya… hehe 😀
      Semoga kita semua bisa selalu semangat…
      Terima kasih…

  2. Wah tipsnya boleh juga tuh kang di coba 😀

  3. Kalau saya tinggal nongrong didepan rumah sambil melihat yang lewat kalau ada yang menarik langsung baut artikelnya

    • Hallo Mas Dwi…
      Wah… kalau situasi dan kondisi menudukung seperti itu bisa banyak tercipta artikel ya Mas…
      Salam,

  4. trik ini kayaknya perlu segera saya terapkan mas,soalnya akhir-akhir ini saya sering banget kehabisan ide menulis nih

    • Hallo Mas Yanto…
      Silahkan diterapkan Mas…
      Semoga banyak mendapatkan ide untuk menulis…
      Salam,

  5. Defi Purnama

    Boleh juga nih mas tipsnya diterapin kalo lagi nggak ada ide menulis. Daripada kadang cuman bengong nggak nulis apa-apa hehe

    • Iya Mas… langsung pratek ya…
      Semoga kita semua bisa dengan cepat mengeluarkan ide-ide cemerlang…
      Salam,

  6. Kalau saya pas keluar rumah ngobrol sama teman seringnya muncul ide-ide materi buat jadi tulisan. jadi kaya wartawan meski gaul biar dapat materi, artikel yang bermanfaat sob.

    • Hallo Agugus…
      Wah… dapet cara baru lagi nih…
      Terima kasih Mas… 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *