You are here
Home > Artikel > Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang

Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang

Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang. Setiap kali ada cara lomba 17 Agutusan, banyak sekali diadakan lomba-lomba yang diantaranya adalah lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang, terlihat tidak pernah ketinggalan untuk diadakan.

 

Antara lomba 17 Agustus dengan asal usul lomba panjat pinang, jika di telaah lebih dalam lagi ternyata agak sedikit mengandung pro dan kontra.

 

Namun dengan tanpa melihat adanya unsur pro dan kontra ini, lomba panjat pinang merupakan lomba yang paling di favorite-kan atau menjadi lomba yang sangat penting untuk diadakan di antara lomba-lomba lainnya.

 

Maklum saja, lomba panjat pinang merupakan lomba yang paling banyak mengundang penonton dan paling meriah untuk diadakan, karena memang memakan waktu yang cukup lama, sehingga para penonton agak lebih tertarik dengan lomba panjat pinang ini.

 

Sebuah pohon pinang yang sudah dibersihkan dan tanam pada sebidang tanah, dimana sebelumnya pada semua bagian pohon ini lumuri dengan pelumas (oli dan grease), sedangkan di atasnya adalah hadiahnya, untuk sampai sekarang ini, hadiah dari lomba panjat pinang, boleh dibilang agak lumayan, beberapa hadiah yang termahal adalah sepeda.

 

Pada bagian ter-atas pohon pinang diberikan Bendera Merah Putih, lalu dibuatkan bambu yang melingkar dengan ukuran yang disesuaikan, lalu pada setiap sudutnya diikatkan hadiah yang bermacam-macam, dimana salah satunya adalah sepeda.

 

Hadiah-hadiah 17 Agustus yang paling umum diikatkan pada lingkaran pohon pinang di lomba panjat pinang adalah :

  1. Kaos
  2. Kipas Angin
  3. Rice Cooker
  4. Helm
  5. Mie Instan (satu duz)
  6. Handphone
  7. Biskuit Kaleng
  8. Accessories wanita
  9. Accessories pria
  10. Dan masih banyak lagi yang dapat dijadikan sebagai hadiah menarik lainnya.

Note :

Untuk barang-barang yang tergolong berat, biasanya hanya kardusnya atau kemasannya saja yang digantung, demi keamanan hadiah tersebut dan juga demi keamanan yang ingin mengambil hadiah tersebut.

 

Lomba panjat pinang selalu dibuat dengan trik khusus, agar para peserta tidak mudah untuk segera mengambil hadiahnya.

 

Berikut adalah hal yang paling umum dilakukan oleh panitia, agar lomba panjat pinang menjadi meriah :

  1. Mencari pohon pinang yang tegak lurus juga panjang.
  2. Dari pangkal sampai ujung, batang pinang ini akan dibersihkan, namun setelah itu akan dilumuri pelicin, seperti oli dan grease.
  3. Pohon pinang, merupakan pohon yang tidak bercabang, sehingga pada atasnya akan dilakukan modifikasi dengan lingkaran bambu untuk mengikatkan hadiah.
  4. Tidak lupa juga untuk memasang Bendera Merah Putih.
  5. Pada bagian bawahnya, biasanya tanahnya akan dibuat becek dan berair (berlumpur), sehingga akan menambah kesulitan yang cukup tinggi bagi para pesertanya.

 

Berikut adalah hal yang paling umum dilakukan oleh para peserta lomba panjat pinang :

  1. Membagi kelompok
  2. Dalam satu kelompok biasanya terdiri dari 5 orang atau lebih.
  3. Untuk tumpuan terkuat, maka setiap kelompok akan menempatkan orang yang berbadan besar di bagian bawah.
  4. Sedangkan untuk bagian puncak, diharuskan orang yang berbadan kecil, karena lebih mudah dalam hal memanjat dan mencapai puncak pohon pinang.
  5. Satu orang besar dan kuat berdiri di bawah sebagai pondasi terkuat, dilanjutkan dengan orang kedua naik ke bagian pundaknya dan begitu seterusnya, hingga mendekati puncak pohon pinang.

 

Berikut adalah hal yang paling umum pada lomba panjat pinang yang membuat menarik untuk selalu ditonton dan diadakan :

  1. Penonton akan dibuat terbawa suasana, karena setiap peserta lomba yang berusaha naik akan selalu jatuh dan jatuh karena licinnya pohon pinang tersebut.
  2. Walaupun strategi dan pondasi pemanjat sudah bagus, namun jika keadaan pohon pinang tersebut masih licin, maka kemungkinan besar mereka akan terjatuh lagi dan lagi. Hal ini bukan saja peserta yang dibuat penasaran, namun para penonton-pun akan lebih penasaran untuk melihat ending-nya.
  3. Dikarenakan dibawahnya terdapat lumpur atau tanah yang berair, sedangkan pada pohon pinangnya dilumuri oli yang hitam pekat, maka para perserta lomba panjat pinang ini akan terihat seperti orang yang mandi lumpur atau mandi pelumas, badan mereka akan terlihat coklat kehitaman.
  4. Perjuangan para peserta lomba panjat pinang, dalam usahanya mencapai puncak, akan membuat penonton selalu tertarik untuk melihatnya dari awal sampai akhir.
  5. Seiring dengan perkembangan perekonomian yang ada, hadiah-hadiah lomba panjat pinang ini, turut serta menaikkan kualitas dan harganya, agar selalu menjadi lomba dengan hadiahnya yang cukup menggiurkan.

 

Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang - Dedy Akas Website
Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang – Dedy Akas Website

 

Flasback Lomba Panjat Pinang

Akan tetapi jika di mencari tahu akan asal usul lomba panjat pinang ini, ternyata ceritanya dapat membuat kita agak sedih, jika telah mengetahuinya.

 

Berikut Adalah Asal Usul Lomba Panjat Pinang

Sejarah Mengatakan :

  1. Pada zaman dahulu, lomba panjat pinang pertama kali diadakan ketika ada acara hajatan besar, pernikahan dan lain-lain. Orang-orang yang mengikuti lomba ini adalah orang pribumi, namun yang mengadakan lomba panjat pinang ini adalah orang Belanda.
  2. Dahulu di zaman penjajahan orang Belanda kalau mengadakan suatu pesta besar sering mengadakan lomba panjat pinang ini, namun mereka sendiri tidak turut serta untuk mengikuti lomba ini, mereka hanya menonton saja, dicampur keceriaan dan ketawa mereka. Sedangkan yang ditertawakan adalah orang pribumi, dimana telah bersusah payah untuk mencoba mengambil hadiah yang berada pada puncak pohon pinang.
  3. Lomba panjat pinang yang merupakan hasil kreasi dari jaman penjajahan Belanda ini, merupakan suatu hiburan bagi orang-orang Belanda tersebut, dengan hadiahnya yang terbilang cukup mahal dan mewah di zaman itu yaitu seperti; gula, keju, roti, makanan dan pakaian.

 

Hal ini juga terlihat jelas, bahwa akan terjadi hal yang dianggap agak kurang manusiawi dan agak berbahaya untuk dilakukan. Dimana para peserta lomba panjat pinang, akan melakukan segala hal seperti; menginjak badan, pundak bahkan kepala temannya sendiri.

Sehingga dapat menimbulkan resiko diantaranya adalah; terpeleset, terjatuh, pegal-pegal, keseleo dan dipastikan juga akan lecet-lecet. Sekujur badan bahkan wajah, akan belepotan tanah dan juga pelumas.

 

Fakta Lainnya Tentang Lomba Panjat Pinang :

  1. Lomba panjat pinang, mungkin akan digambarkan sebagai usaha keras untuk mencapai tujuan, dengan dibantu oleh kekompakan sebuat tim.
  2. Secara bersama-sama melakukan tantangan berat, untuk menaklukan dan melawan kesulitan hingga mengerahkan sekuat tenaga dan kerjasama sama.
  3. Semangat gotong royong yang tinggi, secara bersama-sama melakukan usaha untuk mencapai keberhasilan pada puncak kemenangan.

 

Setiap hasil pendapat pastinya berbeda pro dan kontra juga pastinya tidak akan dapat terelakkan. Namun masing-masing telah mempunyai makna yang beraneka ragam.

Jadinya lomba panjat pinang lebih terlihat sebagai warisan nenek moyang, hingga semakin lama umur warisan ini, maka akan semakin terlupakan akan asal usul sejarahnya.

Sehingga yang paling menonjol adalah dengan judul “Lomba Panjat Pinang 17 Agustus”.

 

Baca Juga : Perayaan 17 Agustus Yang Unik

Baca Juga : Macam Macam Lomba 17 Agustus

Baca Juga : Macam Macam Hadiah Door Prize

 

Demikianlah artikel tentang : Antara Lomba 17 Agustus Dengan Asal Usul Lomba Panjat Pinang.

Dedy Akas
Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website
http://www.dedyakas.com/
Top