Home > Artikel > 5 Point Penting Jualan Online

5 Point Penting Jualan Online

Dedy Akas Website. Point Penting Jualan Online – Dalam memulai sebuah usaha sangat dibutuhkan perencanaan dan perhitungan yang benar-benar matang juga harus bisa merumuskan, membuat alur, semuanya itu harus terkonsep dengan rapih, agar bisa mendapatkan titik terang jualan online yang diinginkan. Buatlah bagan atau struktur penjualan pada Ms. Word dan membuat perhitungan menggunakan Ms. Excel Sheet. Hal ini penting untuk dibuat agar bisa melihat perkembangan yang sudah tercapai dan bisa melacak permasalahan penjualan online yang sedang dijalani.

 

5 Point Penting Jualan Online - Dedy Akas Website
5 Point Penting Jualan Online – Dedy Akas Website

 

Point-point penting-pun harus dibuat, sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi dan hingga pembuatan toko online. Berikut adalah 5 point penting jualan online :

  1. Membuat Keputusan Barang/Produk Yang Akan Dijual

Walaupun sudah memiliki gambaran secara offline, namun untuk barang/produk yang dijual secara online harus juga dapat dipertimbagnkan secara matang dan dapat mencari peluang pasar yang bagus. Untuk penjualan secara online harus berdasarkan barang/produk yang khusus, yaitu salah satu contohnya adalah penjualan khusus pakaian, barang/produk ini diklaim memiliki daya jual dan pasar yang tinggi.

  1. Membuat Keputusan Pengiriman Barang/Produk

Biasanya yang paling banyak dipakai oleh para penjual online adalah jasa pengiriman JNE dan beberapa jasa pengiriman lainnya. Ini juga merupakan strategi yang tepat, agar pembeli juga bisa tahu nantinya barang/produk dipesan akan dikirimkan oleh jasa pengiriman yang telah telah di beritahukan.

  1. Membuat Keputusan Niche Market Barang/Produk

Dengan adanya niche market sasaran pasar akan lebih tertuju karena hanya menjual barang/produk yang sejenis. Hal ini pastinya akan memberikan kepuasan pembeli dan juga bertujuan untuk memperkecil persaingan pasar. Diperlukan juga survey pasar untuk melihat beberapa pesaing yang menjual barang/produk yang serupa. Untuk mensiasti hal ini, berihal beberapa hal unik pada setiap barang/produk yang akan dijual, agar terlihat lebih memiliki brand atau hand made.

  1. Membuat Pengujian Penjualan Barang/Produk Dalam Skala Kecil

Hal ini tentunya akan mengurangi beberapa resiko barang tidak laku dan hanya mengeluarkan modal yang juga kecil. Dari pengujian ini lihatlah semua respon dari para calon pembeli, hal ini dilakukan untuk melihat atau membaca minat para pembeli.

  1. Membuat Pengujian Penjualan Barang/Produk Dalam Kategori Umur

Ketika para peminat pembeli barang/produk sedang memilih atau juga membeli, ada baiknya menguji kategori dari umur. Langkah ini diperlukan barang/produk apa saja yang paling diminati dari segi umur, apakah anak-anak, orang dewasa atau couple.

Dari kelima point di atas, pastinya harus diteliti secara satu persatu, dimana ada terdapat pemasalahannya bisa dicari untuk solusi lainnya.

Untuk memperkuat point-point di atas sangat diperlukan media sosial seperti : BBM, BBM Group, Akun Facebook, Fan Page Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan tentunya penambahan cara yang tradisional yaitu share informasi dengan teman-teman sekantor atau di sekitaran rumah bahkan obrolan dengan teman yang sehobi.

Dan jika sudah mengarah untuk pembuatan online shop ( toko online ), dengan basis e-commerce atau blog, maka hal itu akan semakin memantapkan ke point berikutnya lagi karena kedepannya akan semakin memudakan dalam berpromosi dan mendaya-tarikan keinginan dan kepercayaan pembeli kepada brand atau nama online shop yang dimiliki.

Membaca prilaku pembeli dan melihat daya minat akan permintaan barang/produk, akan sangat berpengaruh dan bisa berubah untuk setiap bulannya, karena masing-masing bulan pada penanggalannya juga berbeda-beda. Ketika akan memasuki bulan puasa biasanya, daya beli dari sebuah barang/produk akan ada peningkatan yang sangat berarti. Oleh karena itulah giatlah untuk membantu dalam merespon dari setiap perilaku pembeli atau para pengunjung yang ingin melihat dan menanyakan dari barang/produk nantinya kemungkinan besar akan di order oleh pelanggan/pembeli.

Artikel Terkait :

Jualan Online Tanpa Stok Barang

7 Jualan Online Yang Banyak Diminati

Alur atau Proses System Dropship Dalam Online Shop

Bagaimana, apakah Anda sudah mendalami point penting ini, jika sudah persiapkan langkah selanjutnya.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

4 comments

  1. terkadang dalam bisnis online itu yang sulit membuat calon pembeli itu dapat percaya dengan barang dan layanan yang kita tawarkan..

  2. pengujian pengujian mulu, kapan prungnya atuh dagang online teh…ngomong doang…males mah males ajah atuh mang

    • Duh @Geotroy:disqus … Do’ain aja, rencana mau launching website online… lagi pilih-pilih nama sama pilih-pilih themenya… hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *