vps murah
PASANG IKLANTerima Review & Pasang Iklan Di Dedy Akas Website

3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas

3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas. Semakin komputer cepat panas, maka akan semakin cepat membuat komputer menjadi rusak. Oleh karena itu simak artikel ini, agar komputer anda yang panas cepat teratasi dan menjadi normal kembali.

 

Setiap perangkat hardware di komputer memerlukan pendingin extra, sirkulasi udara yang cukup, hingga sampai pengecekan thermal paste (semacam jel pendingin, berada di balik heatsink yang menempel pada processor).

 

Para pemilik komputer biasanya, hanya tinggal memakai saja, tanpa perduli kondisi komputernya, bahkan, karena posisinya yang terkadang ada di pojokan atau di bawah, bahkan hingga sampai posisi yang sulit untuk dijangkau seperti di bawah meja dan sebagainya, merupakan suatu alasan klasik yang dapat berakibat komputer menjadi jarang diperhatikan untuk kondisi suhunya.

 

Adapun beberapa gejala yang ditimbulkan akibat komputer yang panas adalah:

  1. Lola (loading lama) istilah ini pernah saya dengar dari salah satu mahasiswi kampus swasta di Jakarta. Dia mengatakan “Mas kenapa komputer saya lola?”
  2. Lemot (loading lambat) sebenarnya maksud dan tujuannya sama saja dengan point satu.
  3. Hang (komputer ngeheng) sebuah istilah lawas, namun sampai sekarang masing sering dipakai.
  4. Restart (komputer restart otomatis) tanpa disuruh atau mengklik tombol restart, komputer akan secara tiba-tiba restart sendiri.
  5. Mati (komputer mati secara otomatis) padahal tidak pencet tombol “Shut down” atau “Turn Off”, namun apa mau dikata, komputer mati secara tiba-tiba.

 

Tahukah, anda jika terjadi tiba-tiba komputer restart sendiri atau tiba-tiba mati sendiri, hal ini bisa berarti akhibat dari kondisi komputer yang terlalu panas. Jika gejala seperti ini seringkali terjadi, coba langsung cek ke TKP, silahkan bongkar casing komputer lalu cek apakah ada bagian komputer yang panas? Ketika hal ini terjadi maka tidak usah khawatir, karena admin kali ini akan memberikan tips yaitu:

 

3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas

  1. Cek Processor

Cabut dahulu kabel power dan kabel vga monitor (fungsinya agar komputer tidak mengeluarkan setrum, sehingga nantinya pada saat eksekusi anda tidak kaget), lalu buka casing komputer, lalu arahkan telunjuk anda pada bagian pinggir processor, sentuh secara perlahan, untuk menjaga supaya anda tidak kaget, karena jika hal ini benar-benar terjadi maka processor akan mengeluarkan panas yang cukup tinggi, hingga membuat anda kaget karena kepanasan.

Inilah batas suhu maksimal untuk masing-masing processor:

Batas panas pada suhu processor untuk Intel adalah 72 derajat celcius

Batas panas pada suhu processor untuk AMD adalah 85 derajat celcius

Coba lihat apakah kondisi di sekitar processor sudah berdebu? Ok jika kasusnya seperti yang digambarkan pada point ini, maka silahkan lanjut ke point dua!!

Debu yang menempel pada fan processor sangat berpengaruh dengan kecepatan putarannya. Semakin tebal debu yang ada, maka akan semakin lambat putaran yang dihasilkan oleh fan processor, dampaknya adalah processor overheating (kepanasan).

 

  1. Cek Cooling Processor

Sudah dipastikan bahwa cooling processer sudah berdebu atau kotor, sehingga tidak mampu lagi mengeluarkan sirkulasi udara atau pemuaian panas yang maksimal, sehingga sudah dipastikan cara kerjanya sudah tidak normal lagi.

Silahkan bersihkan dari debu-debu yang menempel pada cooling processor. Mulai dari kipas sampai kisi-kisi heatsink-nya, bersihkan dengan gunakan koas kecil, gosok-gosok secara perlahan, dengan beberapa kali disemprotkan angin ke arah cooling-nya. Lakukan hal ini sampai kondisinya terlihat bersih dan tidak ada lagi debu yang menempel.

Jika sudah sampai pada tahap point kedua ini, komputer masih saja panas, maka silahkan lanjut ke point tiga.


3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas
3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas

 

  1. Cek Thermal Paste Processor

Hal yang membuat suhu komputer yang sering cepat panas adalah keringnya thermal paste processor, baiklah kita lanjut ke pembongkaran cooling processor untuk melihat kondisi thermal paste-nya apakah sudah kering atau masih normal.

Simak cara membongkar cooling processor; pertama-tama buka masing-masing penjepitnya secara perlahan, mesti diingat penjepit cooling ini bentuknya sangat beragam, ada yang memakai double ada juga yang single, bahkan ada juga empat penjepit. Biasanya didapati bentuk yang agak aneh untuk jenis komputer yang build-up. Jika sudah berhasil, angkat cooling processor-nya, dan akhirnya terlihatlah kondisi thermal paste processor, jika sudah mongering silahkah dibersihkan lalu berikan lagi thermal paste secukupnya, jika darurat bisa menggunakan odol gosok gigi sebagai pengganti thermal paste, namun ini sifatnya hanya sementara, jika nanti sudah membeli thermal paste yang khusus processor, maka silahkan bongkar lagi dan berikan thermal secukupnya saja.

Baiklah kita lanjut ke pemasangan kembali cooling processor yang tadi dibongkar, jangan lupa!! Pastikan kabel power (fan cooling) tidak tercabut.

Sekarang coba hidupkan kembali komputernya, lalu coba test running, hingga beberapa menit, atau sampai beberapa jam, jika suhunya normal-normal saja dan tidak ada perubahan yang dratis, maka selamat buat anda, karena kini anda telah mengetahui 3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas.


Baca Juga: 3 Cara Mencegah Agar Komputer Tidak Cepat Panas

 

Demikianlah artikel dari Dedy Akas Website tentang: 3 Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Cepat Panas

Silahkan Share Artikel Ini:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *